Komik Strip Bikinan Yohanes Chandra Ekajaya

Komik Strip Bikinan Yohanes Chandra Ekajaya


Di sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram banyak sekali kita temukan beragam genre dan jenis komik strip. Misalnya saja gigi dua, rambut gondrong, kribo, dan sebagainya. Banyak dari masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa dunia komik di Indonesia telah mati, tetapi tidak dengan Yohanes Chandra Ekajaya. Ia adalah seorang pecinta komik yang sangat getol membaca semua jenis, tipe, dan genre komik, baik dalam negeri dan luar negeri.

Pada mulanya Yohanes Chandra Ekajaya hanya sering membaca komik-komik strip di media sosial. Komik yang paling ia gemari adalah komik gigi dua. Sebab baginya komik strip gigi dua menunjukkan kegilaan dan tingkat sarkas yang luar biasa. Komik itulah yang membuat semangatnya untuk membuat komik strip sendiri semakin membabi buta.

Saat belajar untuk membuat komik strip sendiri, YohanesChandra Ekajaya mendapatkan berbagai ilmu dan pengetahuan. Misalnya saja ia menjadi mengerti dan paham bahwa komik strip itu tidak tebal dan tidak terlalu ribet dan panjang. Biasanya hanya terdiri dari beberapa panel.

Mengenai cara pembuatan komik, Yohanes Chandra Ekajaya juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang sangat banyak. Untuk kebanyakan anak komik yang idealis, mereka biasanya menggunakan alat tulis/gambar manual. Mereka lebih suka menggunakan alat tulis/gambar manual karena mereka sangat percaya diri dengan kemampuan dan keahlian menggambarnya.

Kemudian ada beberapa pembuat komik strip yang memakai bantuan komputer. Yohanes Chandra Ekajaya adalah salah satu pembuat komik strip yang menggunakan bantuan komputer supaya lebih enak dilihat dan enak dibaca. Ia mengatakan bahwa pembuat komik strip yang menggunakan bantuan komputer biasanya menggunakan softwareseperti corel, adobe ilustrator, photoshop, dan sebagainya.

Sebelum membuat komik strip, menurut Yohanes Chandra Ekajaya yang harus dipikirkan adalah karakter atau tokoh utama. Misalnya saja gigi dua dan si kribo. Tidak hanya bentuknya, tetapi meliputi nama dan karakternya. Selain menentukan karakter, pembuat komik strip harus mempunyai konsep cerita yang matang ketika ditampilkan ke dalam panel, sehingga pembaca pun tidak merasa dibuat jenuh dan bosan.


Komik Strip Bikinan Yohanes Chandra Ekajaya Komik Strip Bikinan Yohanes Chandra Ekajaya Reviewed by ekopurwadi691 on 20.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.