SMK Nurul Ladid Paiton Dirikan Usaha Percetakan bersama Para Pelajar



SEJAK 3 tahun terakhir, SMK Nurul ladid Paiton mengembangkan bisnis percetakan sebagai salah satu unit usaha di Bisnis Center yang dikembangkan. Bisnis Center ini dikerjakan baik oleh siswa serta alumni SMK. Seperti diungkapkan oleh Tatzkirotul Faizah, siswi kelas XI SMK Nurul Jadid, Paiton, saat dihubungi harian ini, kemarin (6/4). "Bisnis percetakan banner ini sudah ada selama 3 tahun terakhir. Sejak sekolah mendapatkan bantuan berupa alat cetak banner',' ujar Kiki, panggilannya.

Pengerjaan banner dilakukan oleh alumni dan siswa. Saat ada pesanan banner, pagi hari pengerjaan dilakukan oleh alumni SMK Nurul Jadid. "Kalau siang, pengerjaan dilakukan siswa. Termasuk desainnya," ujarnya. Usaha percetakan banner ini tidak hanya dimanfaatkan warga sekolah, namun juga oleh warga sekitar. Dengan harga pembuatan banner dipatok Rp 16 ribu per meter. 

"Tidak hanya itu, bisnis ini juga memiliki tujuan mengedukasi pelanggan dalam bidang desain grafis " ujar Kiki. Ada divisi pendidikan dan pelatihan desain, sehingga pelanggan bisa mendesain pesanan sendiri. Baik banner, pin, kartu ID, dan foto secara mandiri dengan didampingi pegawai. Lalu, limbah dari produksi banner didaur ulang. Baik limbah kertas atau tinta. "Limbah tinta digunakan sebagai pengawet kayu agar tidak mudah dimakan rayap. Limbah kertas untuk percetakan," ujarnya.

Untuk pemasaran banner dilakukan dengan strategi marketing lewat media sosial. Seperti Facebook untuk promosi ke alumni pondok yang ada di Kota/ Kabupaten Probolinggo. "Dari sini pun kami juga mendapatkan penghasilan karena tujuannya tidak hanya untuk mendapat untung. Tapi, juga pembelajaran kewirausahaan," ujarnya,

Bisnis tersebut merupakan salah satu program sekolah yang memiiki tujuan pendidikan berupa pengenalan bisnis cetak banner kepada para generasi pelajar. Sebelumnya bisnis tersebut juga merupakan rangkaian dari seminar bisnis pelajar yang diselenggarakan oleh sekolah setempat, dimana menghadirkan seorang pembicara bernama Chandra Ekajaya (Q Pizza), dan motivator kondang Indonesia Andrie Wongso. Dua keynote speaker tersebut memberikan pengetahuan mengenai strategi bisnis, pemasaran, dan diberikan pelatihan dalam menciptakan sebuah produk bisnis yang mampu bertahan hingga bertahun-tahun.


SMK Nurul Ladid Paiton Dirikan Usaha Percetakan bersama Para Pelajar SMK Nurul Ladid Paiton Dirikan Usaha Percetakan bersama Para Pelajar Reviewed by ekopurwadi691 on 23.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.